Friday, November 4, 2011

Happy St. Carolus Day!!

Hello teman-teman.. Salam damai Kristus..
Hari ini merupakan perayaan Santo pelindung Suster-Suster tarekat Cinta Kasih Carolus Borromeus dan Tarakanita looooh!!

4 NOVEMBER

Ya! 4 November yang merupakan tanggal yang dikenang sebagai hari peringatan St. Carolus. Dahulu kala, St. Carolus ditangkap dengan demam intermiten oleh para penentangnya, dan kemudian wafat di Milan pada tanggal 3 November 1584. Beliau dikanonisasi pada tahun 1610, dan 3 tahun setelahnya tiap tanggal 4 November (dimulai pada tahun 1613) dikenang sebagai hari pesta perayaan St. Carolus Borromeus dalam ritus Katolik Roma.
 
Nah, berhubung hari ini merupakan hari peringatan St. Carolus Borromeus, maka kami akan menyajikan 14 fakta tentang St. Carolus Borromeus.. Apa saja fakta-fakta tersebut??? Check this out! ^^
 
1. St. Carolus lahir pada tanggal 2 Oktober 1538 di Kastil Arona di tepi Lago Maggiore di Italia Utara dengan nama Carlo Borromeo.
 
2. Beliau merupakan putra dari Gilberto II Borromeo, Conte (count) dari Arona, dan Margherita de 'Medici (adik dari Paus Pius IV).
 
3. Pada usia dua puluh dua, St. Carolus Borromeus sangat dipercaya di pengadilan kepausan. Segera setelah itu Pius IV pun mengangkat Beliau untuk menjadi Uskup Agung Milan. 
 
4. St. Carolus mendirikan The Academy of the Vatican Nights, yang akhirnya dikenal sebagai the Noctes Vaticanae.

5. Pada waktu yang sama, St. Carolus mendirikan juga sebuah perguruan di Pavia, yang sekarang dikenal dengan nama Almo Collegio Borromeo, yang Beliau dedikasikan untuk mengenang Saint Justina of Padua.

6. Setelah pamannya Paus Pius IV wafat (1566), St. Carolus mendirikan  The fraternity of Oblates of St. Ambrose, sebuah masyarakat sekuler  yang mengabdikan diri ke gereja dan mengikuti disiplin monastik doa dan belajar. Mereka memberikan bantuan kepada paroki-paroki di mana diperintahkan oleh gereja.
 
7. Meskipun Diet Ilanz tahun 1524 dan 1526 menyatakan kebebasan  beribadah di Republik Tiga Liga, St. Carolus menentang Protestantisme tersebut di lembah Swiss.
 
8. Pada 1576, ketika Milan mengalami epidemi penyakit pes, St. Carolus Borromeus memimpin upaya untuk mengakomodasi orang sakit dan menguburkan orang meninggal. 
 
9. Berlawanan dengan keinginan terakhir St. Carolus, The Duomo di Milano menciptakan sebuah ruang bawah tanah peringatan kepadanya dalam gereja.
 
Crypt of Charles Borromeo, in the Duomo di Milano.

10. Tahun 1697, Federico Borromeo dan para pengagum St. Carolus mendirikan patung setinggi 23 m yang berdiri di alas dengan tinggi 12 m. Patung tersebut didirikan di atas bukit di Arona, karena mereka menganggap St. Carolus sebagai pemimpin penting dari Kontra-Reformasi.

The work of Giovanni Battista Crespi
 
11. The famous church of San Carlo alle Quattro Fontane di Roma didedikasikan untuk menghormatinya.
 
Church of San Carlo alle Quattro Fontane
 
12. The Catholic sovereigns of Europe: Henry III of France, Philip II of Spain, Mary, Queen of Scots dan yang lainnya sangat menghargai St. Carolus dan menunjukkannya dengan menggambarkan sosok St. Carolus Borromeus pada kaca patri. 

13. St. Carolus wafat di  Milan pada tanggal 3 November 1584.

14. St. Carolus dikenang dan dihormati sebagai  Santo pembelajaran dan seni.


Demikian info mengenai St. Carolus Borromeus yang dapat kami sampaikan... 
 HAPPY ST. CARLO BORROMEO, all.. Jesus bless us! :)



Best regards,

KMK Tarakanita

No comments:

Post a Comment